Jurnalis Senior, Tim Independen Penilai Bupati Award, minta Eksistensi KIM di Pragaan diperhatikan

oleh -94 Dilihat

 

KIMKARYAMAKMUR.COM, PRAGAAN- Moh. Hartono, CEO (Chief Executive Officer) Portal Madura.Com sebagai Tim Independen dari unsur Jurnalis yang turut serta dalam kegiatan Penilaian Bupati Award di Kantor Kecamatan Pragaan hari ini Kamis (19/20/2023) memberikan apresiasinya kepada KIM (Komunitas Informasi Masyarakat) Karya Makmur sebagai media yang setiap saat memberitakan kegiatan kecamatan dan desa.

Disampaikan kepada Camat Pragaan diakhir penilaian nominator Camat Terbaik 2023 ini pihaknya meminta agar ketekunan dan kegigihan tim media KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Karya Makmur yang selama ini telah menunjukkan kinerjanya sehingga mencapai lebih 1.500 postingan berita, perlu mendapat perhatian dari pemerintah desa maupun pemerintah kecamatan, berupa stimulasi anggaran di APBDes, sehingga keberadaan KIM kedepannya semakin eksis dalam membangun keterbukaan informasi di kecamatan dan desa.

“Sekalipun tugas KIM tanpa pamrih, tapi selayaknya desa mengalokasikan anggaran untuk KIM, ya meskipun hanya satu atau dua juta per desa,” ungkapnya disambut serius Camat Pragaan.

Inovasi Kecamatan Pragaan

Tugas tugas yang dilakukan oleh Media KIM Karya Makmur selama ini disebutnya bukanlah tugas yang mudah, perlu ketekunan dan kesabaran. Serta tidak semua KIM mampu melakukannya, karena tugas jurnalistik membutuhkan skill dan keterampilan penulisan berita. 

Kurangnya perhatian desa selama ini disebutnya menjadi kendala tersendiri bagi KIM dalam menjalankan tugas pengumpulan, pengolahan dan penyebaran informasi. 

Meskipun demikian, pihaknya juga menyadari bahwa beban anggaran DD (Dana Desa) dalam APBDes yang selama ini diprioritaskan oleh Pemerintah Pusat dan daerah berkaitan Covid-19 dan Kemiskinan Ekstrem, ketahanan pangan dan lain lain sudah menjadi pukulan berat bagi pemerintah desa, namun bukan berarti anggaran untuk KIM tidak disisihkan.

“Perlu perhatian sekedar ganti rokok dan bensin bagi KIM dalam menjalankan tugas penulisan berita dan tugas lainnya. Hal itu perlu didorong pak Camat,” ungkap alumni santri Annuqayah ini meminta keterlibatan pak Camat.

Pemberitaan yang dilakukan dari berbagai rekaman peristiwa di desa terutama yang terkait isu isu regional dan nasional dinilainya sangat berharga bagi media mainstream untuk digali lebih jauh dalam investigasi.

“Dengan pemberitaan dasar oleh KIM, membantu media meanstrem terutama jika beritanya terkait isu nasional yang berada di tingkat lokal,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Camat Pragaan Heru Cahyono menanggapi serius. Katanya konsistensi penulisan berita yang dilakukan KIM Karya Makmur selama ini lambat laun telah menyadarkan Pemerintah Desa untuk menyisihkan anggaran segera.

“Sudah banyak desa yang menyadari pentingnya keberadaan KIM, kita akan kuatkan nanti dalam pembicaraan dengan AKD (Asosiasi Kepala Desa),” komitmennya penuh wibawa.

Sementara, Sekretaris AKD (Asosiasi Kepala Desa) Pragaan Muhammad Romli yang juga hadir dalam kegiatan penilaian tersebut menanggapi positif hal tersebut untuk menguatkan eksistensi KIM di kemudian hari.

“Harus ada anggaran untuk KIM untuk maksimalisasi kerja jurnalis mereka.” Ungkap Kepala Desa Aeng Panas ini, berjanji akan memperjuangkan di rapat AKD kepada semua Kepala Desa di Pragaan. (Zbr/Zy).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.