TP PKK Pragaan Pasang Imbauan Hindari Empat Terlalu

oleh -5 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan – Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) Kecamatan Pragaan hari ini Selasa (06/12/2023) memasang imbauan Menuju Keluarga Berkualitas hindari 4 terlalu, yaitu hamil terlalu muda, hamil terlalu tua, hamil terlalu sering dan hamil terlalu banyak.
Terlalu Muda maksudnya dimana ibu hamil pertama pada usia kurang dari 20 tahun. Usia kurang 20 tahun, kondisi panggul belum berkembang secara optimal dan kondisi mental yang belum siap menghadapi kehamilan dan menjalankan peran sebagai ibu.
Terlalu Tua maksudnya keadaan dimana ibu hamil pertama pada usia lebih 35 tahun. 
“Pada usia ini organ kandungan menua, jalan lahir tambah kaku, ada kemungkinan besar ibu hamil mendapat anak cacat, terjadi persalinan macet dan perdarahan,” ujar Gita Sri Wahyuni Ibu Ketua TP PKK Kecamatan Pragaan kepada KIM Karya Makmur.
Adapun “Terlalu Dekat” maksudnya jarak kehamilan antara kehamilan satu dengan berikutnya kurang dari 2 tahun (24 bulan). 
“Saat itu kondisi rahim ibu belum pulih, waktu ibu untuk menyusui dan merawat bayi kurang,” jelasnya.
Terlalu Banyak Anak (Grande Multi) maksudnya dimana ibu pernah hamil atau melahirkan lebih dari 4 kali atau lebih.  
“Kemungkinan akan dijumpai kesehatan ibu yang terganggu, dinding perut ibu kendor,, perut ibu tampak menggantung,” jelasnya.
Ibu Gita mengatakan bahwa tingginya kasus kematian ibu akibat kelelahan hingga merasakan depresi karena tak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat.
Jika 4 terlalu dipaksakan, lanjutnya maka akan mengakibatkan banyak anak menderita kekerdilan (stunting) karena kekurangan nutrisi ataupun lahir dalam waktu yang berdekatan, sehingga pola pengasuhan keluarga tidak bisa berjalan dengan optimal.
Kondisi 4 terlalu itu juga sering menyebabkan banyak anak perempuan yang berusia di bawah 19 tahun mengalami pernikahan dini. 
“Padahal seperti yang diketahui usia ideal untuk menikah perempuan adalah 21 tahun dan 25 tahun bagi laki-laki.” Ungkapnya. (Zbr/Hb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.