Lewat Rapat Konsolidasi, PKK Pragaan Gelar Pembinaan Administrasi PKK Desa

oleh -5 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan – Melalui rapat konsolidasi, Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Pragaan menggelar Pembinaan Administrasi PKK desa se Kecamatan Pragaan. 
Mewakili Ketua PKK Kecamatan, Yayuk istri PLT Sekcam Pragaan menyampaikan bahwa visi dan misi gerakan PKK adalah terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur, sehat sejahtera lahir dan batin serta mandiri. 
“Untuk mewujudkan visi misi tersebut dapat dilakukan dengan cara meningkatkan pembentukan karakter keluarga melalui penghayatan, pengamalan Pancasila, kegotong royongan serta kesetaraan dan keadilan gender,” ujarnya dalam pengarahan Kamis (16/09/2022).
Selain itu, sambungnya, Tim Penggerak PKK juga punya misi untuk meningkatkan ketahanan keluarga melalui pemenuhan pangan, sandang dan perumahan sehat dan layak huni.
Tugas PKK yang lain juga meningkatkan pendidikan dan ekonomi keluarga melalui berbagai upaya keterampilan dan pengembangan koperasi. Dan yang terakhir tugas PKK adalah meningkatkan pengelolaan gerakan PKK meliputi kegiatan pengorganisasian dan peningkatan SDM serta pembinaan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam kehidupan keluarga.
“Dalam menjalankan tugas organisasi PKK tersebut, perlu didukung dengan penataan administrasi yang baik. Tertib administrasi merupakan langkah awal dalam pelaksanaan 10 program PKK agar kegiatan bisa berjalan dengan baik dan benar,” jelasnya.
Pengelolaan administrasi yang baik merupakan salah satu indikator dari keberhasilan pengelolaan organisasi. Dengan demikian, diharapkan 10 program PKK dapat terlaksana dengan baik, dari tingkat kecamatan hingga ke desa desa se Kecamatan Pragaan.
Keberadaan penataan administrasi dirasa penting untuk membantu, melayani, mengarahkan dan mengatur untuk mencapai tujuan yang lebih efektif dan efisien. Sebab tanpa administrasi yang baik, maka kegiatan penataan PKK tentu akan terhambat atau berjalan lambat.
Beliau juga meminta pengurus PKK untuk memperhatikan tertib dalam pelaporan, pendataan dan pengarsipan.
“Ini perlu dilakukan secara rutin. Karena hal tersebut sebagai bahan untuk mengetahui perkembangan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan,” ungkapnya.
Secara rinci beliau juga meminta pengurus memahami banyak buku yang harus diisi oleh PKK, salah satunya buku data di PKK. 
“Buku data PKK pada berbagai Pokja harus dilakukan secara akurat dan relatif baru, serta diambil dari sumber data yang dapat dipercaya.” Jelasnya.
Hal itu semua kita lakukan, untuk membantu kemajuan dan kesuksesan Kecamatan Pragaan dan Pemerintah Desa se Kecamatan Pragaan untuk saat ini dan di masa mendatang, mengingat PKK sebagai mitra kecamatan dan pemerintah desa dalam menjalankan tugas tugasnya. (Zbr/Hb).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.