BKKBN Lakukan Koordinasi dan Study Banding Mekanisme Rujukan ke BKL Sentosa Aeng Panas

oleh -4 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Aeng Panas – Hari ini Kamis (21/07/2022) BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) Pusat melakukan koordinasi dan study banding mekanisme rujukan kelompok BKL (Bina Keluarga Lansia) ke kelompok BKL Sentosa Desa Aeng Panas Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. 
Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pragaan, petugas KB Kecamatan Pragaan dan pengurus BKL Sentosa Aeng Panas. Desa Aeng Panas saat ini memiliki kelompok CoE (Center of exelen) atau percontohan yang bisa dijadikan andalan dan percontohan dari BKKBN Pusat, Propinsi Jawa Timur dan Kabupaten Sumenep.
Camat Pragaan Heru Cahyono mengatakan bahwa BKL Sentosa kedepannya akan lebih banyak memberi kesempatan bagi kaum lansia untuk lebih produktif dan berperan dalam kegiatan pembangunan serta menjadi inspirasi bagi kelompok lansia lainnya di Kabupaten Sumenep agar tangguh dan mandiri.
“BKL Sentosa Aeng Panas dinilai telah mampu menjadi rujukan wilayah lain dalam pendampingan pada kelompok Lansia, mencakup aspek fisik seperti senam lansia, bidang spiritual, kegiatan emosional, kegiatan intelektual, lingkungan, vokasi, dan sosial kemasyarakatan,” ujarnya.
Beliau berharap kelompok Lansia di desa di Kecamatan Pragaan khususnya dapat meniru langkah BKL Sentosa menjadi BKL yang mandiri dalam banyak hal sehingga menjadi lansia yang tangguh.
“Lansia tangguh yaitu kelompok lansia yang sehat secara fisik, sosial, mental, aktif, produktif dan mandiri yang meliputi tujuh dimensi yakni, dimensi spiritual, intelektual, fisik, emosional, sosial kemasyarakatan, profesional vokasional dan lingkungan.” Ucapnya kepada KIM Karya Makmur. (Zbr/Hb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.