Kecamatan dan Desa Se Pragaan Ikuti Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemdes

oleh -4 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan – Hari ini Senin (25/07/2022) secara virtual zoom meeting Pemerintah Kecamatan dan Aparatur Pemerintah Desa se Kecamatan Pragaan mengikuti kegiatan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep.
Camat Pragaan Heru Cahyono, S.STP. mengatakan bahwa kegiatan pembinaan ini dilaksanakan meliputi evaluasi progres penginputan dan updating data pada aplikasi Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan (Epdeskel) dan Profil Desa/Kelurahan (Prodeskel).
“Juga kegiatan ini untuk bimbingan teknis pengisian data pada aplikasi Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan (Epdeskel) serta bimbingan teknis pengisian data pada aplikasi Profil Desa/Kelurahan (Prodeskel),” jelasnya.
Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 25 s/d. 26 Juli 2022. 
Kepada KIM Karya Makmur beliau katakan bahwa Aplikasi Epdeskel Kemendagri adalah aplikasi yang digunakan untuk mengisi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan guna menentukan status tingkat perkembangan desa. 
“Aplikasi Epdeskel itu merupakan tool atau alat untuk mempermudah pemerintah desa mengevaluasi diri nya masing-masing seperti termaktub dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015,” ujarnya.
Disebutkan dalam Permendagri Nomor 81/2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, bahwa setiap desa wajib melakukan penilaian (evaluasi diri) dengan cara mengisi formulir yang sudah ditetapkan sebagaimana Lampiran II Permendagri tersebut.
Evaluasi perkembangan desa sangat penting diseriusi oleh Pemerintah Desa untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah desa serta untuk mengetahui efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.
“Aplikasi ini selain untuk mengukur kemajuan sebuah desa, juga untuk mengukur indikator lomba desa berdasarkan tingkatan perkembangan desa.” Jelasnya. (Zbr/Hb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.