Istighasah Keliling, Cara Pemdes Aeng Panas Bangun Sinergitas Dengan BPD

oleh -4 Dilihat
Istighosah Pemdes Aeng Panas di rumah Kasi Pelayanan (Dok. KIM-KMAP)

Aeng Panas – Istighasah yang dilaksanakan Pemerintah Desa (Pemdes) Aeng Panas setiap bulan terus dijalankan tanpa henti. Istighasah ditempatkan di rumah Kasi Pelayanan Thayyibul Basyar Dusun Pesisir. Selasa malam (30/06/2020). Kali ini Pemdes pertama kali menggandeng mitra kerjanya pimpinan dan anggota BPD untuk bangun sinergitas bulanan.

Kegiatan bulanan ini menurut Kepala Desa Aeng Panas Muhammad Romli, SE akan rutin dilaksanakan setiap bulan bergiliran dari satu rumah perangkat dan BPD secara bergantian.

Menurutnya pula bahwa BPD bukan musuh bukan lawan, ia mitra kerja yang memiliki tujuan yang sama untuk memajukan desa.

“BPD itu mitra kerja Pemdes, kedudukannya sejajar, lain kamar lain tugas tapi muara tujuannya sama yaitu ciptakan desa tambah maju dan sejahtera”, tuturnya dalam sambutan.

“Jadi jangan ambil jarak terlalu jauh dengan BPD. Malah istighasah bulanan ini menjadi cara elegan untuk membangun sinergitas yang lebih dekat dan saling memahami alur tugasnya masing masing. BPD controling Pemdes Eksekuting”, tambahnya lagi disambut senyum anggota yang hadir.

Kerapkali menurutnya BPD diposisikan atau memposisikan berhadapan dengan Pemdes sehingga seolah selalu berseberangan. Kita ingin kedepan kita posisikan semuanya sesuai kedudukan kontitusinya dan kita tinggikan martabatnya.

“Desa punya kekhasan berbeda dengan pemerintahan diatasnya. Desa punya tatakrama kedesaan, etika institusi, kedekatan, kegotong royongan, kesetiakawanan dan persatuan. Itu harus tercermin dalam laku kerja sinergitas masing masing institusi, tanpa kehilangan martabatnya”, tuturnya makin dalam.

Inovasi Kecamatan Pragaan

Usai istighasah dengan pembacaan Ratibul Haddad, rapat diisi dengan laporan masing masing Kasi, Kaur dan Kadus atas kinerjanya selama satu bulan.

Menanggapi laporan kerja tersebut BPD dengan lantang memberikan masukan mendasar tanpa beban tanpa sekat. Suasana benar benar berjalan kritis tapi tetap kekeluargaan.

“Tak ada yang membahagiakan saya sebagai Kepala Desa kecuali kebersamaan seperti ini tanpa kehilangan jati dirinya masing masing. Ayoo tetap kita pelihara, agar langgeng”, kata Kades yang selalu tampak energik ini. Acara berjalan sampai jam 22.00 wib. Dan bulan depan disepakati ada arisan bulanan minimal 10.000 dan maksimal 50.000. (Zbr/Badrul/KIM-KMAP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.