Penuhi Kebutuhan Sarana Air Bersih, Desa Aeng Panas Lakukan Sosialisasi Pamsimas

oleh -34 Dilihat
Arahan Pendamping Pamsimas pada Masyarakat Aeng Panas di Balai Desa 

Aeng Panas – Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) telah menjadi salah satu program andalan nasional untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi.

Tak terkecuali juga di Desa Aeng Panas, program Pamsimas yang mulai dilaksanakan sejak tahun 2018 kini memasuki fase pengembangan agar masyarakat yang dulunya tak mendaptkan akses air dapat merasakan manfaatnya.

Penjelasan tersebut disampaikan oleh pendamping Pamsimas bapak Habib pada acara sosialisasi Pamsimas hari Selasa (25/02/2020)di balai desa Aeng Panas.

“Beruntung Aeng Panas mendapatkan lagi program Hibah Air Minum Pedesaan tahun 2020”, ujarnya dalam pengarahan.

Pengurus KKM yang akan dibentuk ini dapatnya memerhatikan dengan seksama higinitas kualitas air bersih yang akan dikonsumsi masyarakat.

“Terkait standar kualitas disebutkan, air hasil olahan yang didistribusikan kepada masyarakat harus memenuhi ketentuan parameter wajib sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum” tambah beliau diikuti dengan cermat oleh peserta yang hadir.

Mewakili Kepala desa, Sekretaris Desa Aeng Panas Ach. Subairi Karim juga mengharapkan bahwa bantuan Pamsimas yang akan diterima ini dapatnya menjadi pintu masuk untuk membuka isolasi pada wilayah-wilayah RT yang selama ini belum terjamah oleh program pembangunan air bersih secara berkelanjutan, sehingga hasil pembangunan di bidang air bersih dan sanitasi ini dapat dinikmati masyarakat secara merata, ujarnya kepada peserta yang hadir.

Inovasi Kecamatan Pragaan

“Dengan pemenuhan sarana air minum Pamsimas diharapkan dapat menjawab akan kebutuhan air minum seiring dengan meningkatkan derajat kesehatan dan menurunnya angka kejadian stunting di desa Aeng Panas”, sambungnya singkat.

“Mudah-mudahan ke depannya Pamsimas dapat memberikan manfaat yang lebih banyak kepada masyarakat”, tambahnya lagi.

Beliau juga ingin dengan adanya air bersih, sanitasi yang sehat, diharapkan dapat mewujudkan warga desa yang produktif dan sejahtera, aman dan adil. (Zbr).

Editor : Badrul/KIM-KMAP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.