Inovasi Pragaan Fair, Kebangkitan KIM dan Karang Taruna Sukses Naikkan Heru Jadi Camat Teladan 2023

oleh -10 Dilihat

 

KIMKARYAMAKMUR.COM, PRAGAAN – Naiknya Camat Pragaan Heru Cahyono menjadi Camat Teladan 2023 yang diumumkan Panitia di malam Anugerah Bupati Award 2023 tak lepas dari inovasi Camat Heru yang dijalaninya selama ini.

Camat muda ini memang selalu berfikir out of the box atau berfikir diluar kotak/diluar frame berfikir kebanyakan orang, sesuatu yang tak mungkin dikerjakan ternyata di tangan pak Heru bisa dilakukan, yaitu terobosan Pragaan Fair.

Pragaan Fair yang dilaksanakan dua pekan bersamaan dengan Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia itu telah menyedot perhatian ribuan orang setiap malam datang berbelanja di stand UMKM serta stand pedagang kaki lima. Dengan Pragaan Fair selain warga mendapatkan hiburan dengan menonton wahana permainan tiap malam ada juga ajang festival seni tradisi yang diminati masyarakat seperti festival Tongtong Serek, Uldaul, karaoke dangdut, pentas musik, senam, JJS. Juga tak kalah menariknya ada gerak jalan, karnaval budaya, upacara bendera 17 Agustus 2023 dan berbagainlomba edukatif, rekreatif yang digelar selama kegiatan berlangsung.

“Berbagai kemeriahan festival seni budaya dan peningkatan ekonomi masyarakat itulah barangkali dibaca sebagai inovasi yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan warga berekonomi kelas bawah serta jadi momentum kebangkitan seni tradisi lokal,” ungkap Camat Pragaan Heru Cahyono saat ditemui usai menerima hadiah Bupati Award 2023.

Pada saat yang sama, Camat Heru juga membangkitkan KIM (Komunitas Informasi Masyarakat) dan Karang Taruna sebagai EO (Event Organizer) yang menggerakkan Pragaan Fair. Mereka dilibatkan dalam pemberitaan, pengambilan gambar, video dan streaming setiap saat, bahkan Camat Heru mengundang Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sumenep untuk memberikan pembinaan kepada Pengurus KIM dan Karang Taruna Kecamatan dan desa.

Inovasi Kecamatan Pragaan

“Di desa, KIM dan Karang Taruna sudah ada strukturnya, hanya perlu didorong untuk berkegiatan, serta perlu didorong dengan anggaran desa. Tujuannya agar peran pemuda semakin nyata, terutama kalangan millenial ini hidup di era teknologi,” ucap Heru.

Selain itu Heru juga membuat terobosan pelayanan yang secara normatif terus diadaptasi sesuai dengan era digital yang terus berkembang.

“Surat menyurat dan komunikasi layanan saat ini sudah harus cepat dan bertransformasi dengan eranya,” tuturnya.

Camat yang tahun 2022 lalu memang terpilih sebagai Camat Teladan di Madura ini mengatakan mungkin terobosan-terobosan itulah yang barangkali dibaca Tim Bupati Award sebagai inovasi kecamatan yang menaikkan Kecamatan Pragaan sebagai kecamatan teladan.

“Terima kasih kepada semua yang terlibat, semoga barokah untuk Pragaan dan Sumenep.” Tuturnya. (Zbr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.