Ketua Karang Taruna Kabupaten : KIM dan Karang Taruna Hidup Bila Kades Buka Anggaran

oleh -8 Dilihat

KIMKARYAMAKMUR.COM, PRAGAAN – Rapat Koordinasi Pemberdayaan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) dan Karang Taruna di Kecamatan Pragaan hari ini Kamis (21/09/2023) dihadiri Ketua Ketua Karang Taruna Kabupaten Nurahmat. 

Nurahmat mengatakan bahwa Karang Taruna adalah wadah organisasi pemuda paling lama yang dibina oleh pemerintah dari dulu sampai sekarang, dari desa sampai ke tingkat pusat. Di pusat Karang Taruna berada dibawah pembinaan Kemensos. 

“Karang Taruna dibentuk tahun 1960. Zaman dulu Karang Taruna sangat diperhatikan, sekarang kurang,” ungkapnya memulai pengarahan.

Karang Taruna juga disebutnya berfungsi sebagai sarana informasi untuk kepentingan masyarakat, karena itu beliau dukung kerjasama Karang Taruna dan KIM agar terus dibangun demi eratnya kerja sinergitas antar keduanya. 

Inovasi Kecamatan Pragaan

“Kerja sama KIM dan Karang Taruna tepat untuk memantapkan pengabdian pemuda kepada masyarakat,” tambahnya.

Beliau juga tak segan segan mengatakan bahwa Karang Taruna akan besar ketika Kepala Desa mengerti kebutuhan organisasi pemuda ini dengan menghadirkan Anggaran Dana Desa yang dibutuhkan.

“Seharusnya Karang Taruna mendapat anggaran dari Dana Desa untuk kegiatan kepemudaan, karena yang memberikan SK Karang Taruna adalah Kepala Desa,” tegasnya dihadapan Kepala Desa yang juga hadir pada kegiatan tersebut.

Pria asal Kabupaten Pamekasan ini berujar bahwa Karang Taruna memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga baru yang baru ditetapkan tahun 2020 di Bogor. Beliau berjanji untuk memberikan AD/ART tersebut kepada Pengurus Karang Taruna di desa.

Beliau melanjutkan bahwa fungsi Karang Taruna juga sebagai administrator dan fungsi managerial, juga sebagai fasilitator.

“Fungsi Informasi Karang Taruna juga mengcover berbagai program di desa dalam media informasi. Karena itu maka sinergitas Karang Taruna dengan KIM sangat bagus,” ungkapnya lagi. (Zbr/Zy).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.