Peringati Haul Gung Ahmad dan Gung Mahmud, Pemdes Aeng Panas Hadirkan Kiyai PP Al Karawi dan PP. Annuqayah

oleh -12 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Aeng Panas – Peringati Haul Agung Ahmad dan Agung Mahmud yang biasa dilaksanakan setiap tahun, Pemerintah Desa Aeng Panas menghadirkan para kiyai dari Pondok Pesantren Al Karawi Karai Ganding Sumenep, juga menghadirkan Para Pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah Guluk Guluk Sumenep.
Setiap tahun kegiatan Haul dilakukan dalam dua sesi. Sesi pertama di pagi hari jam 06.00 Wib. bertempat di panggung utama sekitar Agung Mahmud menghadirkan para masyayih PP. Alkarawi dan Annuqayah.
“Isi kegiatannya di sesi pertama ini cuma membaca shalawat pada junjungan Nabi Muhammad SAW. Tadi dipimpin oleh KH. Musyfiq Madim PP. Al Karawi. Sesi kedua nanti siang jam 13.00 mauidzah hasanah, semua warga dihadirkan,” ungkap Kades Aeng Panas Muhammad Ramli, SE. kepada KIM Karya Makmur.
Ramli menjelaskan tujuan utama Haul tentu saja untuk mendoakan ahli kubur agar semua amal beserta ibadah yang dilakukannya dapat diterima oleh Allah SWT.
“Dengan mendoakan para wali di alam kubur, diharapkan barokahnya kembali kepada kita dalam bentuk bentuk kebaikan yang bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.
Selain itu, dengan adanya haul yang nanti menghadirkan penceramah tentu untuk mengenang jasa orang yang sudah tiada dan sebagai pengingat kematian. 
“Agar warga ingat kembali pada tokoh wali yang telah berjasa dalam memupuk keislaman leluhur kita, dan agar kita bisa meneladani jalan hidupnya,” jelasnya.
Selain itu, katanya, Haul tentu saja untuk memperkuat tali silaturahim dan ukhuwah antar warga masyarakat. 
“Dalam acara haul kita dapat bertemu saudara, teman, serta senang dan bahagia kumpul bersama-sama. Dengan silaturahim, maka mempermudah rizki dan memperpanjang umur.” Jelasnya. (Zbr/Hb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.