Keren! PMII Pragaan Gelorakan Pembersihan Ancaman Sampah di Sungai Jerman

oleh -24 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Prenduan – Membuang sampah ke sungai sama halnya mengupayakan pembunuhan secara perlahan. Begitulah yang sedang dilawan Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa IsIam Indonesia (PMII) Kecamatan Pragaan. Pagi tadi (13/08/2023) beredar video pendek di aplikasi WhatsApp tentang ajakan mereka kepada warga Sumenep untuk membersihkan sungai Jerman yang akan digelar pada tanggal 20 Agustus 2023 nanti.
Seperti diketahui, Sungai Jerman yang terletak di daerah pesisir perbatasan antara Desa Prenduan – Pragaan Laok itu sudah akrab dengan praktik pembuangan sampah sembarangan yang membuat aliran airnya tersumbat. Bahkan jika terus dibiarkan, dikhawatirkan akan berdampak buruk yang serius bagi lingkungan seperti terjadinya banjir, rusaknya ekosistem sungai, serta dapat mempercepat penyebaran hama dan penyakit.
“Kami pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kecamatan Pragaan mengajak kepada seluruh warga Sumenep khususnya masyarakat Pragaan untuk merefleksikan jiwa nasionalisme demi kesejahteraan dan kenyamanan. maka dari itu kami  mengajak kalian untuk bersih-bersih bersama, tuangkanlah sikap Hablumminannas dan hablumminal alam kita sebagai pemimpin di muka bumi ini untuk tetap menstabilkan lingkungan kita”. Ucap Jajaran Pengurus PMII Pragaan dalam penggalan videonya.
Saat dihubungi pewarta KIM Karya Makmur, Ketua Mandataris Kopri Pragaan, Muslihah menegaskan tekad PMII Pragaan untuk menjadi penggerak utama dalam terciptanya lingkungan Kecamatan Pragaan yang anggun dan terbebas dari gangguan sampah.
Perempuan asal Pragaan Laok ini juga mengulas beberapa banjir besar yang terjadi di musim hujan kemarin sebab menumpuknya sampah di sungai Jerman.
“Sebelum musim hujan tiba, kita harus sudah punya antisipasi agar lingkungan siap menghadapinya. Banyaknya sampah yang dibuang di sungai Jerman itu dapat membuat aliran sungai tersumbat dan inilah kemudian yang dapat memicu adanya banjir, seperti yang terjadi di Pondok Pesantren Al-Amin beberapa waktu lalu” Tegas Ketua Mandataris Kopri Pragaan.
Aksi PMII Pragaan Peduli Lingkungan ini kemudian ditanggapi positif oleh Camat Pragaan, Heru Cahyono.
“Saya sangat setuju dan mendukung kegiatan tersebut, ini salah satu contoh konkrit adik-adik PMII bagaimana berbuat untuk masyarakat. InsyaAllah nanti kita akan support dan kerahkan Pemerintah Desa dan yang lain untuk ikut bergabung dalam kegiatan ini”. Ucap Heru Cahyono. 
Selain itu, Camat muda ini juga berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan Pemerintah Desa setempat agar setelah bersih kembali, sungai Jerman tidak lagi menjadi tempat pembuangan sampah. (Hb/Bdr).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.