Tak Sabar, Kades se Pragaan Akan Kunjungi Bumdes yang Sumbang PAD 1,7 M per Tahun di Malang

oleh -4 Dilihat

KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan – Seolah tak sabar ingin segera melakukan lompatan besar, Kepala Desa Se Kecamatan Pragaan saat ini melakukan perjalanan menuju kota dingin malang. Selain ingin berkunjung ke desa yang maju tata administrasinya juga akan berkunjung ke Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) desa yang pernah dikunjungi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dua tahun lalu yaitu Bumdesa Sumber Sejahtera yang berada di RT. 003 RW. 002, desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Jawa Timur.

Camat Pragaan Heru Cahyono, S.STP. mengatakan bahwa jadwal kunjungan ke Bumdes tersebut akan dilaksanakan pada hari Ahad pagi lusa. Bumdes Sumber Sejahtera ini dipandangnya menarik perhatian Kepala Desa Pragaan karena Menteri pun datang kesana meresmikan guest house, salah satu unit usaha milik BUMDes.
BUMDesa Sumber Sejahtera dikenal memiliki 10 unit usaha, di antaranya Air Meterisasi, Tabungan Masyarakat, Kredit Usaha Mikro, Cafe, Wisata Edukasi, Pengolahan Sampah Terpadu, Pertanian dan yang terbaru adalah Live In atau Guest House.
BUMDes Sumber Sejahtera dikenal telah mampu menyumbang Pendapatan Asli Desa (PAD) Desa pada Pemerintah Desa Pujon Kidul kurang lebih Rp 1,7 miliar setiap tahunnya. 
“Ini dahsyat sekali, kita butuh belajar banyak agar potensi lokal desa yang ada di Pragaan bisa menjadi permata di kemudian hari,” ujar Heru kepada KIM Karya Makmur Jumat malam (09/12/2022).
Beliau mengatakan viu desa wisata yang digali dari potensi sawah yang ada di desa tujuan sebagaimana di gambar medsos menurutnya sangat menggiurkan untuk dikunjungi.
“Di Pragaan juga banyak potensi pantai, wisata religi pesarean para wali, potensi alam dan pegunungan yang bisa digali menjadi desa wisata yang pasti gak kalah indahnya. Kita hanya butuh inspirasi saja.” Jelasnya. (Zbr/Hb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.