Di Desa Pakamban Laok, Camat Pragaan Jelaskan Fokus DD Tahun Anggaran 2023

oleh -3 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Pakamban Laok – Camat Pragaan diwakili bagian Kesra Kecamatan Pragaan Ach Subairi Karim pada acara penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Desa Pakamban Laok Tahun 2022 menjelaskan fokus penggunaan Dana Desa untuk Tahun Anggaran 2023. 
Menurutnya tahun depan penggunaan Dana Desa penjelasan Menteri Desa digunakan untuk pemulihan ekonomi warga, peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) serta penghapusan kemiskinan ekstrem ditengah masyarakat. Penanganan kemiskinan ekstrem tersebut dicontohkan beliau seperti penanganan stunting dan pemberian BLT (Bantuan Langsung Tunai) kemiskinan ekstrem. 
“Yang disebut warga miskin ekstrem bila penghasilan keluarga di bawah Rp 11.633 per hari atau Rp. 348.000/bulan,” ujarnya dalam sambutan di depan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD di desa Pakamban Laok, Rabu (07/12/2022).
Beliau jelaskan bahwa porsi anggaran untuk Bantuan langsung tahun 2023 maksimal 25% dari Dana Desa, turun dari yang sebelumnya dianggarkan maksimal 40% dari Dana Desa.
Beliau juga mengingatkan warga untuk mewaspadai lonjakan Covid-19 yang kini merebak kembali. Kalau dulu ada varian Delta, varian Omicron, kini ada varian XBB yang gejalanya demam, batuk, kelelahan, nyeri otot, anosmia hingga diare.
“Pemerintah meminta warga untuk melakukan vaksin Booster agar tubuhnya kebal delari virus. Kemarin ada vaksin serentak se Jatim di Pendopo Kecamatan Pragaan,” jelasnya memberitahu.
Sementara itu, Kapolsek Prenduan Agus Karyadi juga mengingatkan pentingnya menjaga keamanan lingkungan, yang disebutnya bukan hanya tugas pemerintah tapi juga bagian dari tanggung jawab pribadi dan masyarakat.
“Perlu dibentuk dan digiatkan lagi gerakan Siskamling,” jelasnya. 
Selain itu beliau juga meminta agar orang tua mengawasi dampak negatif penggunaan media sosial bagi anak anak kita, yang sekiranya mengarah pada ketergangguan keamanan dan ketertiban sosial.
Beliau minta agar warga turut mewaspadai daerah rawan bencana, termasuk jika mendapatkan informasi pohon lapuk dipinggir jalan agar disampaikan ke instansi terkait untuk ditebang.
“Sampaikan jika ada pohon lapuk yang berbahaya bagi pengemudi, waspadai daerah rawan longsor dan bencana. Juga kalau ada luapan banjir beritahu.” Pintanya pada yang hadir. (Zbr/Hb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.