Cara Pindah Dari TV Analog e TV Digital

oleh -6 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan – Siaran TV analog di Jawa Timur beralih ke TV digital pada 20 Desember 2022. Pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) atau penghentian siaran TV analog di beberapa wilayah Jawa Timur dilakukan secara bertahap mulai Selasa malam (20/2/2022) untuk wilayah Kabupaten Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Lamongan, Gresik, Bangkalan, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto dan Kota Surabaya.
Namun demikian, masyarakat masih bisa menikmati siaran TV lokal dan nasional secara gratis tanpa membutuhkan kuota internet dengan menambahkan perangkat STB yang dapat diperoleh di toko elektronik terdekat.
Cara pindah ke TV Digital antara lain, pastikan perangkat TV telah mendukung DVB-T2 atau Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial.
Cek TV di rumah apakah sudah menggunakan DVB-T2 atau belum, buka kardus atau buku petunjuk TV kalau masih tersimpan. Atau buka settingan pada TV, lakukan pemindaian channel, jika ada opsi DTV artinya TV Anda dapat menangkap siaran digital.
Selain itu anda bisa juga menggunakan STB. STB merupakan perangkat yang bisa mengkonversi sinyal digital jadi gambar serta suara dan ditampilkan pada layar TV yang belum mendukung DVB-T2. Perangkat STB bisa beli di toko offline maupun online dengan harga yang beragam. 
Pakai perangkat STB resmi dan tersertifikasi pada laman Siaran Digital. Khusus bagi masyarakat miskin, pemerintah beserta penyelenggara multipleksing membagikan STB secara gratis.
Antena tetap diperlukan untuk menangkap siaran digital, ada pilihan untuk indoor dan outdoor. Opsi mana yang harus dipilih tergantung pada kuatnya sinyal TV digital di tempat tinggal. Cek kualitas sinyal TV digital menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital yang tersedia baik untuk perangkat Android maupun iPhone. Di dalamnya wilayah akan diberikan warna bergantung pada kekuatan sinyal, paling kuat berwarna Oranye hingga Merah berkekuatan lebih dari 56 dBUV/m.
Lalu hubungkan antena ke TV yang telah memiliki DVB-T2 atau melalui STB yang terhubung ke TV. Lakukan scan channel untuk mencari channel TV. (Zbr/Hb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.