Camat Pragaan Tekankan Realisasi SPJ DD ADD Juga Isu Stunting di Desa Kaduara Timur

oleh -4 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Kaduara Timur – Hari ini Kamis (22/12/2022) di acara Monev DD ADD (Dan Desa dan Alokasi Dana Desa) dan Percepatan Perdes APBDes 2023 di desa Kaduara Timur, Camat Pragaan diwakili Haruji Saleh memberi pengarahan bahwa sebelum menetapkan Perdes APBDes 2023 diharapkan sudah ada Laporan Pertanggungjawaban Tahunan APBDes Tahun Anggaran 2022, selain itu SPJ DD ADD sudah dilaporkan sehingga silpanya pasti, serta hal hal yang berkaitan dengan perencanaan APBDes tahun 2023 juga sudah pasti. 
Beliau juga menyampaikan sebelum ada ketentuan pagu DD ADD, maka item pendapatan yang berasal dari bantuan DD ADD diasumsikan sama dengan tahun sebelumnya. 
“Kami hadir kesini bukan mencari kesalahan, tapi perbaikan hal hal yang memerlukan perbaikan baik dari sisi administrasi maupun pelaksanaan fisik pembangunan,” jelasnya.
Beliau juga menyinggung isu stunting, hal mana di desa KADUARA Timur ada 23 anak yang berpotensi stunting, diharapkan untuk diperhatikan melalui penganggaran pemberian makanan tambahan kepada balita maupun ibu hamil.
“Stunting tidak terjadi secara tiba-tiba. Stunting disebabkan oleh ketidakcukupan pemenuhan nutrisi. Karena itu maka pemenuhan gizi melalui APBDes perlu dianggarkan,” ucapnya.
Kepada KIM Karya Makmur melalui telepon seluler beliau sampaikan bahwa terdapat beberapa tanda dan gejala yang membedakan anak yang mengalami stunting, antara lain memiliki tubuh yang lebih pendek dari anak seusianya, berat badan tidak naik, bahkan cenderung menurun.
“Juga mengalami perkembangan yang terlambat sesuai anak seusianya. Anak juha menjadi lebih rentan terserang berbagai penyakit infeksi dan memiliki gangguan kecerdasan di kemudian hari,” sebutnya.
Beliau katakan cara.mengatasinya dengan pemberian ASI eksklusif 6 bulan pertama, pemberian makanan pendamping yang seimbang dan bergizi, orang tua harus rajin memantau perkembangan anak dengan dibawa ke Posyandu, serta membangun kebiasaan hidup bersih dan sehat. Tak lupa juga memastikan imunisasi lengkap. (Zbr/Hb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.