Posyandu Delima Aeng Panas Ikuti Lomba Taman Posyandu Kecamatan

oleh -3 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Aeng Panas – Hari ini, Senin (08/08/2022) Tim Penilai Lomba Posyandu Kecamatan Pragaan bertandang ke Posyandu Delima Dusun Pesisir Desa Aeng Panas. Tujuannya untuk melakukan penilaian Lomba Taman Posyandu yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Pragaan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.
Ketua Pokja I TP PKK Kecamatan Pragaan Ibu Inniwati dalam arahannya setelah penilaian mengatakan bahwa lomba ini hanya instrumen mengukur kegiatan Posyandu, yang terpenting adalah aktifitas bulanan Posyandu yang aktif.
“Lomba ini hanya instrumen saja, yang terpenting adalah aktifitas nyata setiap bulan, yang benar dirasakan masyarakat terutama untuk anak Balita,” ujarnya.
Keberadaan posyandu (pos pelayanan terpadu) menurutnya penting dan menjadi salah satu upaya untuk mempermudah masyarakat dalam pelayanan kesehatan. 
“Ini bagus, tempatnya langsung di TK Aksara yang menjadi basis Posyandu Delima Dusun Pesisir. Sehingga mendekatkan pelayanan bagi anak Balita,” jelasnya.
Lanjutnya, Posyandu berguna untuk menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas, serta membudayakan NKKBS (norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera), serta meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera,” tambahnya.
Sejak pagi, para Balita yang jumlahnya kurang lebih 86 orang tampak antusias dalam mengikuti perlombaan taman Posyandu ini. Anak-anak balita ini patuh mengikuti instruksi kader kesehatan dalam memeriksakan kesehatannya secara umum. Mulai dari penimbangan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar perut, penyuluhan gizi, dan masih banyak lainnya.
“Terima kasih sudah mengikuti acara Taman Posyandu ini dengan gegap gempita. Semoga terus rutin tanpa jemu datang ke Posyandu,” jelasnya.
Sementara, beliau katakan kepada KIM Karya Makmur bahwa salah satu indikator penilaian Lomba Taman Posyandu adalah kelengkapan sarana, paket pertolongan gizi, kelengkapan administrasi, sarana penyuluhan, keaktifan kader, frekuensi layanan, kegiatan penyuluhan dan pertemuan pasca pelayanan.
“Saya sungguh bangga dengan kekompakan kader di Posyandu di Delima. Harapannya terus ditingkatkan pelayanannya makin berkualitas,” jelasnya.
Pengurus PKK senior ini berharap agar warga secara umum juga berperilaku hidup sehat. 
“Bayi yang sehat akan menularkan kepada orang tuanya untuk berperilaku hidup sehat. Sehingga para orang tua bisa memberikan kemampuan terbaiknya kepada anaknya dalam pemenuhan gizi anak agar lebih baik dari sebelumnya.” Ungkapnya. (Zbr/Hb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.