Nilai Posyandu di Pragaan Daya, TP PKK Pragaan Rekam 7 Langkah Posyandu Desa

oleh -3 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan Daya – Kali ini Rabu (10/08/2022) Taman Posyandu yang didatangi Tim Penilai Lomba Posyandu Tim Penggerak PKK Pragaan adalah Posyandu di desa Pragaan Daya kecamatan Pragaan.
Lomba Taman Posyandu dirasa sangat urgen untuk dilombakan oleh Tim Penggerak PKK Pragaan, mengingat bahwa Taman Posyandu adalah Kegiatan Posyandu yang diintegrasikan dengan program pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) dan Bina Keluarga Balita (BKB). 
Telah diketahui bersama, Taman Posyandu dilaksanakan dengan tujuan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia emas (0-5 tahun). Jika tumbuh kembang anak baik, diharapkan anak kita kelak menjadi generasi emas yang berkualitas meniti hidupnya.
“Kita bisa melihat wajah kesehatan ibu dan anak di desa dari kualitas penyelenggaraan Posyandunya. Karena di Taman Posyandu inilah tumpah pelayanan kesehatan bulanan desa, tempat semua elemen datang dan mendapatkan pelayanan dasar,” ujar Sri Rohimah Sekretaris TP. PKK Pragaan.
Dalam Posyandu, katanya, ada banyak jenis layanan kesehatan kepada anak, seperti penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak, penyuluhan ragam pangan anak, imunisasi dan lain lain. 
Saat ditanya hal manfaat mendasar kegiatan Posyandu sehingga dilombakan, beliau katakan dengan Posyandu layanan kesehatan dasar ibu dan anak dapat terselenggara.
“Bukan hanya itu, Posyandu juga melaksanakan layanan KB, berbagai imunisasi, gizi, dan penanggulangan berbagai penyakit dapat dikonsultasikan,” ujarnya.
Beliau tambahkan bahwa setidaknya ada 7 (tujuh) langkah pelayanan Posyandu, antara lain 1. Pendaftaran, 2. Penimbangan, 3. Pengisian KMS, 4. Penyuluhan, 5. Pelayanan Kesehatan, 6. Penganekaragaman Pangan dan 7. Peningkatan Ekonomi Keluarga.
“Semua bisa menjadi sumber pengetahuan bagi ibu, dan juga rekreasi bagi anak dengan aneka mainan yang disediakan di Taman Posyandu.” Tambahnya mengakhiri. (Zbr/Hb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.