Siswa SMK Negeri 1 Sumenep Lakukan PKL di Kecamatan Pragaan

oleh -3 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan – Sebanyak 4 (empat) orang Siswa dan Siswi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Negeri 1 Sumenep melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kantor Kecamatan Pragaan. Mereka adalah Muhammad Iqbal, Firmansyah, Ila Sofiyanti, Lailatun Syamsuriya. Siswa PKL ini tampak setiap hari selalu datang tepat waktu ke Kantor Kecamatan Pragaan guna membantu tugas pelayanan di kecamatan.
Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu bentuk kegiatan dimana para siswa ditempatkan langsung di lingkungan kerja yang tujuannya menjembatani keilmuan teoritis dan terapan. 
Ila Sofiyanti salah satu siswi PKL SMK Negeri 1 Sumenep mengatakan bahwa dengan PKL (Praktek Kerja Lapangan) diharapkan siswa bisa mengenalkan dunia kerja perkantoran berdasarkan teori yang sudah kami dapat di dalam kelas.
“Saya senang mendapatkan pengalaman langsung melayani keperluan warga. Sebelumnya pelayanan publik itu hanya menjadi teori di buku, namun setelah PKL di kecamatan baru yang bernama teori menjadi praktek. Kami makin faham cara melayani dengan ramah, sopan, banyak tersenyum dan memuaskan,” ujarnya tersenyum.
Kegiatan PKL SMKN 1 Sumenep ini akan dijalani selama 2 (dua) bulan sejak tanggal 20 Juli sampai dengan 30 September 2022.
Pada kesempatan itu pula seorang warga yang mendapatkan pelayanan dari kantor kecamatan Pragaan bernama Nauvil alamat desa Larangan Pereng Kecamatan Pragaan mengaku puas dengan layanan yang diberikan kecamatan.
“Saya minta pelayanan untuk ibu saya Tisniyah untuk keperluan pensiunan janda yang diatur melalui UU Nomor 11 Tahun 1969. Saya puas kerja PKL dalam melayani bagus dan cepat,” ujarnya kepada KIM Karya Makmur.
Camat Pragaan Heru Cahyono, S.STP mengatakan bahwa kegiatan PKL penting bagi siswa agar mereka saat terjun ke lapangan, menghasapi pekerjaan yang sesungguhnya tidak canggung lagi dan dapat beradaptasi dengan cepat.
Selain itu, katanya, dengan PKL diharapkan dapat membentuk pola pikir siswa yang lebih konstruktif secara baik.
“PKL juga membentuk pola pikir yang konstruktif. Pengalaman di dunia kerja akan membekas dan menjadi pola fikir mereka. PKL sangat dibutuhkan ketika siswa mulai terjun ke dunia nyata di masyarakat nantinya.” Jelasnya. (Zbr/Hb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.