Peduli Sesama, Pemdes Kaduara Timur Gelar Baksos Donor Darah

oleh -4 Dilihat
Kades Kaduara Timur ikut berdonor darah (Dok.KIM-KMAP)

KIMKARYAMAKMUR.COM, Kaduara Timur – Dalam rangka ikut membantu sesama Pemerintah Desa Kaduara Timur lakukan Kegiatan Bhakti Sosial donor darah yang diselenggarakan di Balai Desa setempat, Sabtu (14/11/20).

Kepala Desa Kaduara Timur, Prayitno mengatakan bahwa dirinya merasa bersyukur atas terlaksananya kegiatan ini, sebab dengan kegiatan donor darah ini masyarakat dapat membantu mereka yang membutuhkan darah apalagi ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Alhamdulillah ternyata antusiasme masyarakat cukup tinggi, dari yang mendaftar sekitar 95 orang namun yang memenuhi syarat untuk berdonor 39 orang, terdiri dari 25 orang perempuan dan 14 orang laki-laki, dan berhasil mengumpulkan 39 kantong darah.” ungkapnya.

Kades Muda ini juga menyampaikan terimakasih kepada para pendonor yang telah mengikuti kegiatan ini.

“Donor darah ini murni wujud kepedulian Pemdes Kaduara Timur dalam membantu mereka yang membutuhkan darah, samasekali tidak ada unsur politis, meski kegiatan ini dilaksanakan jelang Pilkada Kabupaten Sumenep”, imbuhnya.

Pihaknya berjanji akan terus berupaya mendukung segala kegiatan positif yang dilaksanakan di wilayahnya.

Sebelum mendonorkan darahnya, seluruh calon pendonor terlebih dahulu dilakukan pengecekan kesehatan sesuai prosedur donor darah PMI dan pencegahan covid-19, mulai dari disediakannya sarana cuci tangan di pintu masuk, menggunakan masker hingga pengecekan suhu tubuh menggunakan thermo gun.

Inovasi Kecamatan Pragaan

Seluruh pendonor yang telah menyumbangkan darahnya juga diberikan bingkisan berupa paket vitamin, susu, telur dan roti.

Sementara itu, Koordinator Lapangan UTD PMI Sumenep, Jaka Khalid Ginanjar, memaparkan bahwasanya kebutuhan darah di Kabupaten Sumenep sangat tinggi bahkan permintaan darah di PMI Sumenep mencapai 15 hingga 20 kantong perhari, hal itulah yang menyebabkan stok darah di PMI kerap kosong.

”Setiap hari permintaan darah di UTD PMI Sumenep mencapai 15 hingga 20 kantong, dan setiap bulan bisa mencapai 500 kantong darah. Sedangkan, pendonor membutuhkan waktu tiga bulan untuk mendonorkan kembali darahnya. Karena itu donor darah di Desa Kaduara Timur ini akan sangat membantu memenuhi kebutuhan darah di Sumenep”, ungkapnya.

Kegiatan tersebut terlaksana dengan baik berkat dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, diantaranya Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumenep, Pemdes Kaduara Timur, TP PKK, Kader Posyandu, Puskesmas Pragaan, Darma Wanita Kabupaten Sumenep, Darma Wanita Kecamatan Pragaan, Polsek Prenduan, Koramil Pragaan, Masyarakat Kaduara Timur dan sekitarnya. (Dyt/Bdr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.