Lewat Radio Permata FM, PPS Aeng Panas Sosialisasikan Cara Warga Cek Data Pemilih

oleh -8 Dilihat
Ketua PPS Aeng Panas sosialisasi di Radio Permata FM (Dok.KIM-KMAP)

KIMKARYAMAKMUR.COM, Aeng Panas – Di Radio bergengsi Permata FM Rumah Musik dan Informasi, PPS Aeng Panas Selasa hari ini (22/09/2020) mensosialisasikan cara warga mengecek data pemilih sementara setelah sebelumnya pihaknya melakukan pemuktakhiran data pemilih ke pelosok dusun.

Ditemani awak siar Kacong Permata, Ketua PPS Aeng Panas Ali Tsabit Baidha’i, S.Th.I. menjelaskan pentingnya warga melihat data yang sudah dipampang di tempat-tempat ramai di kantong pemilih.

Data pemilih ini menurutnya harus dilihat warga agar tak satupun warga yang berhak memilih kehilangan suaranya.

“Satu suara menentukan nasib bangsa. Karenanya tak boleh ada yang tercecer. Semua yang berhak memilih harus terdata”, ujar Tsabit terdengar antusias di radio.

Data Daftar Pemilih Sementara (DPS) ini katanya sudah diolah dan disesuaikan dengan kantong Tempat Pemungutan Suara agar warga makin dekat dengan tempat pencoblosan.

“Data mentah telah diolah menjadi informasi  atau keterangan,  yang menunjukkan  fakta sehingga  dapat memberi  manfaat bagi semua pihak, terutama bagi pemilih. Pemilih harus dekat dengan tempat pencoblosan”, tuturnya menjelaskan.

Data pemilih Sementara menurutnya juga sebagai jaminan konstitusi hak pilih yang nantinya akan berubah menjadi Daptar Pemilih Tetap (DPT). DPS sebagai acuan dasar awal untuk mengukur partisipasi peserta.

Inovasi Kecamatan Pragaan

“Ukuran sukses Pemilukada salah satunya diukur sejauh mana partisipasi pemilih. Dan itu dimulai dari tahapan DPS”, ujarnya lagi.

Tsabit mengurai jumlah Daftar Pemilih sementara (DPS) Desa Aeng Panas sebagaimana termaktub dalam data yang sudah diumumkan di pelosok dusun sebagai berikut : TPS 1 sebanyak 324 orang, TPS 2 sebanyak 305 orang, TPS 3 berjumlah 262 orang, TPS 4 sebanyak 405 orang, TPS 5 sebanyak 355 orang, TPS 6 sebanyak 393 orang, TPS 7 sebanyak 385 orang, TPS 8 sebanyak 372 orang, TPS 9 sebanyak 384 orang.

“Jumlah keseluruhan pemilih 3.185. Terdiri dari pemilih Laki-laki sebanyak 1.489, dan Perempuan 1.696 pemilih”, rincinya dalam sosialisasi.

Tsabit berharap agar masyarakat selalu nge-cek namanya di DPS yg sudah dipampang di 10 titik di Aeng Panas.

“Kalau namanya tidak tercantum di DPS silahkan konfirmasi ke PPS, atau cek di www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id“, sambungnya lagi mantap

Pengumuman DPS akan diumumkan dari tanggal 19 – 28 September 2020. Selanjutnya akan beralih pada tahapan berikutnya yaitu Daftar Pemilih Tetap, dan terus akan bergulir tahapannya sampai puncaknya tahap pemungutan dan perhitungan suara.

“Karena itu sempatkan melihat data DPS. Bantu keluarga dan teman lainnya untuk mengecek data. Pilkada Sukses bukan semata karena ada penyelenggara, tapi juga karena ada pemilih yang aktif mengikuti tahapan”. Ujarnya mengakhiri sosialisasi. (Zbr/Bdr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.