Camat, Kades Hingga PMII Pragaan Turun Tangan Tangani Sampah Sungai

oleh -7 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan– Camat Pragaan dan Kades Prenduan, rekan Pengurus Komisariat PMII Pragaan serta warga yang peduli pagi tadi Ahad (20/08/2023) turun tangan langsung membersihkan tumpukan tumpukan sampah di jembatan sungai Jerman desa Prenduan.
Kebiasaan warga sekitar lokasi sungai yang membuang tumpukan sampah ke sungai Jerman menjadi keprihatinan banyak kalangan termasuk Camat, Kepala Desa serta PMII Pragaan. 
Bahkan semua pihak sejak isu lingkungan ini mengemuka seminggu lalu menyerukan agar sungai tidak lagi menjadi obyek pembuangan sampah, karena hal itu bisa berakibat macam macam baik bagi kesehatan, kejernihan air, maupun keindahan sungai. 
Camat Heru mengatakan bahwa kegiatan bersih sungai dapat membantu warga sekitar sungai untuk mencegah terjadinya banjir. 
“Selain berdampak bagi kesehatan, membuang sampah di sungai akan menyumbang macet bagi aliran sungai, juga pasti bau gak ketulungan, menyengat serta dalam jangka panjang akan mengganggu kerusakan ekosistem sungai,” ujar Camat Heru kepada KIM Karya Makmur.
Ia juga menyampaikan kegiatan itu dihadiri oleh kepala satpol PP beserta anggota pol PP dan Damkar, armada pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup Sumenep, Kades Prenduan beserta perangkat, Kades Pragaan Laok dan pegiat lingkungan dari Sumenep.
Sementara itu Kepala Desa Prenduan Eko Wahyudi yang juga memimpin anak buahnya bersihkan sungai meminta warga untuk mengurangi membuang sampah sembarangan di sungai.
“Memang disadari tak mudah membangun kesadaran, warga perlu edukasi, perlu fasilitas tempat sampah keluarga, tempat pembuangan akhir sampah kolektif dan lain lain,” ungkap Eko.
Selain itu, katanya perlu semua pihak fokus pada isu lingkungan ini. Pun juga perlu dipikirkan aturan bersama agar memberikan efek jera bagi warga masyarakat dan menjadi kesadaran bersama.
“Tak cukup kebersihan hari ini, perlu seruan dan komitmen bersama agar tak membuang sampah ke sungai lagi.” Ungkap Eko mantap. (Zbr/Zy).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.