Pilot Project FKP Regsosek Digelar di Desa Rombasan

oleh -3 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Rombasan – Pilot project Forum Konsultasi Publik (FKP) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) dilaksanakan hari ini Selasa (18/04/2023) di balai desa Rombasan kecamatan Pragaan.
Acara dihadiri oleh Penanggung Jawab BPS Kecamatan, Fasilitator, Asisten Fasilitaor, dan Administrator yang ada di empat kecamatan yaitu Kecamatan Pragaan, Bluto, Saronggi, Giligenting.
Camat Pragaan yang diwakili oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Kecamatan Pragaan Sugiyanto, SH. mengatakan bahwa Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.
Regsosek merupakan upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data. 
“Dengan menggunakan data tunggal, pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien,” jelasnya.
Sementara itu Fasilitator FKP Rombasan Ghazali saat membuka kegiatan Pilot Project FKP mengatakan bahwa Pemerintah telah melakukan pendataan awal Regsosek. Kegiatan itu dilakukan karena masih terbatasnya data sosial ekonomi yang mencakup seluruh penduduk untuk menentukan target program pembangunan serta belum terlaksananya kontrol kualitas data dan ketepatan waktu pemutakhiran data tersebut. Data hasil pendataan Regsosek akan dijadikan acuan pemerintah untuk menyusun dan melaksanakan program terkait sosial ekonomi.
“Kami sangat berharap ada pemeriksaan Regsosek sebaik mungkin untuk menghasilkan daftar keluarga yang sesuai,” ungkapnya. 
Daftar Regsosek dan Berita Acara, katanya merupakan dokumen rahasia. Tidak diperkenankan melakukan penggandaan, dokumentasi, atau meminjam dokumen diluar forum FKP.
Selanjutnya Ketua SLS atau Ketua Rukun Tetangga (RT) melakukan pemeriksaan peringkat kesejahteraan keluarga pada daftar yang telah dibagikan sesuai dengan petunjuk yang sebelumnya sudah dijelaskan oleh Asisten Fasilitator FKP. (Zbr/Hb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.