Cegah PMK, BPBD Sumenep Gandeng Forpimka Pragaan Semprot Disinfektan Kandang Sapi di Tiga Desa

oleh -3 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan – Petugas lapangan dari kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, ditambah dari kantor kecamatan, Polsek dan Koramil Pragaan hari ini Rabu (10/08/2022) melakukan penyemprotan desinfektan kandang sapi di tiga desa yaitu desa Pakamban Laok, desa Karduluk dan desa Jaddung. 
Hal ini dilakukan untuk mencegah berkembangnya virus dan sumber penyakit lain yang dapat membahayakan ternak dan manusia, utamanya guna mencegah mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sedang mewabah.
“Ini upaya sterilisasi, penyelamatan dan pencegahan merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) dengan memberikan penyemprotan cairan pembunuh virus atau disinfektan di kandang sapi milik warga,” ujar Kasi Pencegahan Bencana BPBD Yanto Winarjo kepada KIM Karya Makmur, sembari menemani perjalanan penyemprotan di tiga desa. 
Cairan yang digunakan adalah Sippol Disinfektan. Cairan ini menggunakan Hidrogen Peroksida (3%) sebagai bahan utama yang berguna untuk membunuh 99.9% virus, bakteri dan jamur dalam sekejap yang terbukti sangat ampuh membasmi kuman.
Beliau mengatakan bahwa banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi penyakit PMK, antara lain menjaga kebersihan kandang, spraying dengan disinfektan, membatasi lalu lintas orang, barang, alat, maupun hewan ke dalam kandang untuk mencegah kontaminasi virus.
“Penyemprotan ini salah satu upaya untuk meminimalisir penyebaran Penyakit Kuku dan Mulut pada ternak warga,” tambahnya.
Sasarannya untuk hari ini di tiga desa yaitu desa Pakamban Laok, desa Karduluk dan desa Jaddung. Obyek kandang di desa Pakamban menyasar milik warga bernama Sutrisno sebanyak 3 sapi, rumah bapak Subli sebanyak 3 sapi serta rumah Suyanto sebanyak 2 sapi. Masing masing beralamat di dusun Galis desa Pakamban Laok.
Sementara saat tiba di desa Karduluk sekitar jam 11.00 siang langsung melakukan penyemprotan di kandang sapi milik Bapak Hannan dusun Daleman Karduluk, dengan jumlah sapi sebanyak 5 ekor.
Adapun di desa Jaddung, sasaran penyemprotan menyasar kandang sapi milik bapak Irham RT 01 RW 03 Dusun Galis Desa Jaddung. Lalu Tim penyemprot berpindah ke kandang Bapak Mahmudah atau Bapak Ramsi, kandang milik Juma’ani Buk Suf Dusun Galis, dan kandang milik Bari RT 02 RW 04 Dusun Malakah Desa Jaddung. Tak terkecuali juga kandang sapi milik Fitriatun RT 03 RW 04 dusun Malakah desa Jaddung kecamatan Pragaan. Sekitar jam 14.30 Tim tiba kembali di kantor Kecamatan Pragaan. (Zbr/Hb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.