Gelar MusDes Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2021, Pemdes Kaduara Timur Bangun Keterbukaan Bagi Masyarakatnya

oleh -4 Dilihat
Musyawarah Desa RKPDes Tahun anggaran 2021 Kaduara Timur (Dok. KIM-KMAP)

KIMKARYAMAKMUR.COM, Kaduara Timur – Sesuai dengan Permendagri 114 tahun 2014 serta Permendes 17 tahun 2014 desa wajib menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Pemerintah Desa (Pemdes) Kaduara Timur Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep gelar Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2021 di balai desa setempat, Rabu (12/8/20).

Momentum ini salah satu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh perangkat desa disetiap dusunnya. Hal ini dikarenakan mereka (aparatur) bisa cepat menuangkan aspirasi atau harapan dari masyarakat tentang bangaimana Desa Kaduara Timur lebih baik kedepannya.

Bapak Prayitno selaku Kepala Desa (Kades) Kaduara Timur dalam sambutannya menyampaikan harapan yang besar pada RKPDes ini untuk kemajuan desa binaanya. Diantaranya keterbukaan tentang kekurangan atau keinginan masyarakat pada Kaduara Timur kedepan, jangan sampai hanya tertuang dibelakang saja.

“Silahkan masyarakat menghadap langsung ke saya untuk berbicara tentang kekurangan, atau harapannya pada desa kita ini. Jangan sungkan-sungkan. Karna saya terbuka untuk siapapun khususnya masyarakat Kaduara Timur” , harap Prayitno.

Ia menambahkan harapan besar untuk masyarakat Kaduara Timur agar dapat terus bekerjasama dan berperan aktif dalam ikut membangun desa agar lebih maju dan sejahtera.

Kepala Desa Muda tersebut juga menyampaikan terimakasih kepada BPD, LPMD dan seluruh peserta musyawarah yang telah bersama-sama berikhtiar membangun desa melalui Musdes ini.

Sementara itu IPTU A. Supriyadi, SH Kapolsek Prenduan menyampaikan bahwa pihaknya tidak berhak mengatur pembangunan desa, hanya mendukung selagi baik serta memonitor kerja desa saja.

Inovasi Kecamatan Pragaan

“Kegiatan-kegiatan kemasyarakatan pada masa pandemi Covid-19 ini, surat perizinan masih belum bisa dikeluarkan secara resmi. Seperti hajatan, atau keagamaan, dan perkumpulan-perkumpulan lainnya . Semoga pandemi ini cepat selesai untuk kita benar-benar bisa aktivitas seperti biasa”, kata Kapolsek Prenduan disela-sela sambutan.

Sedangkan Danramil Pragaan sebagai penutup sambutan menyampaikan RKPDes atau perencanaan ini sangat penting, baik untuk pembangunan desa secara fisik ataupun non fisik. Melalui komponen-komponen yang nantinya akan menyampaikan harapannya untuk desa Kaduara Timur kedepannya.

Beberapa harapan dan permintaan dari perwakilan Dusun, Diantaranya dari Dusun Pesisir yang ingin lapangan pinggir pantai, pasar tingkat, perlengkapan alat nelayan, Sementara dusun Gunung ingin pengeboran air bersih, sedangkan dusun Panggulan ingin pembangunan lapangan futsal, pembangunan pos kamling dan sebagainya.

Bapak Hidayat salah satu undangan mewakili tokoh dusun Panggulan yakin bahwa Desa Kaduara Timur kedepannya terus menjadi lebih baik.

“saya yakin desa Kaduara Timur ini kedepannya terus menjadi lebih baik. Amiiin”, ungkapnya.

Hadir pada acara ini Forpimka Pragaan, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Desa serta perwakilan masyarakat Desa Kaduara Timur.

Acara ini berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 seperti jaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan menggunakan sabun dan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermo gun. (Dyt/Bdr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.