Gerakan Eliminasi TBC dan Stunting, Pragaan Gelar Posbindu Terintergrasi dengan Posyandu

oleh -9 Dilihat

KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan – Hari ini, Rabu (30/08/2023) Puskesmas dan Forpimka (Forum Pimpinan Kecamatan) Pragaan beserta Forum Lintas Sektor menggelar kegiatan Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) untuk penyakit tidak menular yang terintegrasi dengan Posyandu. 

Kegiatan ini dipusatkan di lembaga pendidikan Nurul Makmur Dusun Cecek Desa Prenduan Kecamatan Pragaan.

Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM (Penyakit Tidak Menular) terintegrasi (Penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker) serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga.

“Ini deteksi penyakit tidak menular, sekaligus untuk mendeteksi penyakit menular secara terintegrasi,” ujar Kepala Puskesmas Pragaan H. Baharudin Mutheri, S.Kep, Ns. Kepada KIM Karya Makmur di sela sela kegiatan.

Acara ini selain dihadiri oleh tim lintas sektor di kecamatan Pragaan yang terdiri dari kantor Kecamatan, Polsek Prenduan, Koramil Pragaan, Puskesmas, serta Pemerintah Desa tempat kegiatan digelar, juga dihadiri oleh petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep.

“Biasanya kami datang dengan lintas Sektor Kabupaten, hanya sekarang Polres dan Dandim ada acara. Yang penting kami nanti bisa berdiskusi dengan pelaku lintas Sektor tingkat Kecamatan disini,” ujar ibu Kusmawati Kabid P2P (Program Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit) Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep. 

Inovasi Kecamatan Pragaan

Kegiatan diikuti dengan antusias oleh warga di lingkungan madrasah Nurul Makmur di dusun Cecek desa Prenduan. Datang ibu ibu dan bapak bapak dari berbagai usia remaja dan lansia lebih 200 orang antri mulai jam 8.30 sampai dengan jam 12.00 Wib. (Zbr/Zy)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.