Empat Group Tongtong Serek Tampil Menawan di Panggung Festival Pragaan Fair Malam Ke-4

oleh -5 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan – Tadi malam, Sabtu (05/08/2023) sebanyak 4 (empat) Group Tong Tong Serek tampil menawan di ajang Festival Tongtong Serek Pragaan Fair 2023 di Lapangan Arrahman Prenduan.
Mereka adalah Group Putera Sakera yang beralamat di Pragaan Daya, Group Pandawa Kelana beralamat di Pakamban Daya, Regu Janur Kuning asal Desa Prenduan dan Bunga Desa alamat desa Pragaan Daya.
Mbak Fifin istri Kepala Desa Pakamban Daya yang mengawal sendiri group Tong-tong Serek kebanggaannya ke gelanggang laga seni tradisi mengatakan bahwa event seni dan kebudayaan yang digelar panitia ini sangat luar biasa. 
“Ini sesuatu banget bagi peningkatan kreatifitas kesenian lokal. Kami datang dengan seribu pasukan penggemar Pandawa Kelana. Bahkan ada yang live menyaksikan langsung dari Malaysia,” ungkapnya kepada KIM Karya Makmur.
Festival Tongtong Serek ini, katanya merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan mengembangkan seni tradisional kerakyatan khusunya dalam bingkai kearifan lokal seni budaya desa.
“Tongtong Serek ini seni lokal yang mulai mendapat perhatian publik. Anak anak muda pemainnya energik. Ini awal kebangkitan seni tradisi yang bisa merajai seni tradisi budaya Nusantara,” tambahnya.
Selain itu, katanya kesenian ini bisa dijadikan ajang hiburan sekaligus wahana apresiasi bagi para pelaku dan pecinta seni serta mungkin menarik nantinya bagi wisatawan domestik maupun manca negara.
“Selamat bagi panitia penyelenggara. Luar biasa kemasannya. Kami hanya mendukung memeriahkan saja.” Jelasnya. (Zbr/Hb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.