Deteksi Dini TB, Puskesmas Pragaan Lakukan Tes mantoux Investigasi Kontak TB di Pragaan

oleh -9 Dilihat

KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan – Setelah melakukan Diskusi Lintas Sektor dan Gerakan Percepatan Pemberantasan TB dan Stunting melalui Layanan Posbindu dan Posyandu Terintegrasi di desa Prenduan, Petugas Tes Mantoux dari Puskesmas Pragaan hari ini Rabu siang (30/08/2023) melakukan Investigasi Kontak Keluarga Penderita TB di salah satu keluarga di Kecamatan Pragaan. Kegiatan melibatkan pihak Kecamatan, unsur Polsek dan anggota Danramil Pragaan serta pemerintah desa setempat.

Kepala Puskesmas Pragaan Baharuddin Mutheri, S.Kep., Ns., mengatakan bahwa Tes Mantoux bermanfaat untuk mendeteksi dini adanya kuman penyebab infeksi TB, sehingga penderita dapat segera diberikan penanganan dan penularan lebih lanjut pun dapat dicegah. 

“Tes ini manfaatnya untuk mendeteksi TB laten yang tidak memunculkan gejala,” ungkapnya.

Mantan Kepala Puskesmas Guluk Guluk yang kini bertugas sebagai Kepala Puskesmas Pragaan ini mengatakan, Investigasi Kontak (IK) TB adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan penemuan kasus TBC dengan cara mendeteksi secara dini dan sistematis terhadap orang yang kontak dengan sumber infeksi TBC.

“Seseorang yang sering kontak dengan pasien TB disarankan untuk melakukan pemeriksaan TB juga, guna memastikan bapak, ibu, anak balita di keluarga tersebut tidak tertular kuman TB,” tambahnya. 

Sementara anak balita, tuturnya lebih diutamakan mengingat daya tahan tubuh yang masih lemah sehingga lebih mudah untuk tertular kuman TB. (Zbr/Zy).

Inovasi Kecamatan Pragaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.