Sukseskan Regsosek, Kecamatan Pragaan Pasang Banner Sambut Petugas BPS dan Jawab dengan Jujur

oleh -4 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan – Dalam rangka mensukseskan kegiatan Regsosek (Registrasi Sosial Ekonomi) di kecamatan Pragaan, Kantor Kecamatan Pragaan hari ini Jumat (04/11/2022) memasang banner imbauan sambut petugas BPS (Badan Pusat Statistik) Kabupaten Sumenep mendatangi warga masyarakat.
Banner yang dibentang di halaman kantor kecamatan Pragaan tersebut berisi ucapan “Sukseskan Kegiatan Pendataan Regsosek 2023”. Dalam bahasa Madura, kalimat yang tertera dalam imbauan “Ngireng pangghi’i petugas BPS Sumenep, kaanggui Adata sadajah kabada’an kondisi sosial ekonomi panjenengan, tor jughan atoragi jawaban se leres tor sajujur jujur epon”. Artinya, “Mari sambut petugas BPS Sumenep yang akan mendata semua kondisi sosial ekonomi anda. Dan beri jawaban yang benar dan sejujur jujurnya”.
Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) adalah upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data. Dengan menggunakan data tunggal, pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien.
Heru Cahyono S.STP. selaku Camat Pragaan kepada KIM Karya Makmur mengatakan bahwa BPS mengemban tugas melakukan pendataan Regsosek berdasarkan Inpres No 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem dan arahan Presiden dalam Rapat Terbatas tanggal 15 Februari 2022. 
“Pendataan awal Regsosek merupakan pendataan seluruh penduduk yang mencakup seluruh profil dan kondisi sosial ekonomi. Beri jawaban yang jujur, jawaban jujur akan memengaruhi kebijakan tepat dari pemerintah,” ujarnya.
Waktu pelaksanaan Regsosek, katanya, akan dilaksanakan petugas dari tanggal 15 Oktober 2022 hingga tanggal 14 November 2022.
Data Regsosek nantinya akan mencakup informasi kondisi sosial ekonomi, termasuk status kesejahteraan, meliputi kondisi sosio ekonomi demografis, kondisi perumahan, kondisi sanitasi air bersih, kepemilikan aset, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus,
informasi kependudukan, informasi geospasial,
lansia.
Setiap PPL (Petugas Pendataan Lapangan) nanti mempunyai beban tugas mendata sekitar 250 keluarga.
Dalam pendataan ini, mantan Camat Masalembu ini berharap partisipasi aktif seluruh masyarakat kecamatan Pragaan khususnya, untuk menerima kedatangan petugas Regsosek di rumah.
“Mohon warga menjawab pertanyaan dengan benar dan jujur. Kejujuran sangat dibutuhkan untuk menghasilkan data yang akurat dan berkualitas.” Tuturnya. (Zbr/Hb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.