Peringati Hari Diabetes Sedunia, Puskesmas Pragaan Gelar Pemeriksaan PTM Bagi ASN di Kecamatan Pragaan

oleh -4 Dilihat
KIMKARYAMAKMUR.COM, Pragaan – Sebelum menggelar Minilokakarya lintas Sektor di pendopo kecamatan Pragaan, hari ini Kamis (17/11/2022) Puskesmas Pragaan mengadakan kegiatan Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) PTM (Penyakit Tidak Menular) bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) yang ada di kantor Kecamatan Pragaan.
Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan berat badan, gula darah, kolesterol, asam urat, tekanan darah, dan indeks masa tubuh.
Dokter Susilo yang mengomandani kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan PTM kali ini dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia setiap 14 November. 
“Ini momentum tepat untuk membebaskan warga dari penyakit deabet dengan pemeriksaan awal,’ jelasnya.
Diabetes, lanjutnya, merupakan penyakit kronis yang terjadi saat kadar gula darah cenderung tidak terkontrol karena kurangnya insulin dari pankreas. 
“Ini berakibat pada ketidaksanggupan pengolahan gula darah menjadi energi, sehingga menumpuk di sel-sel tubuh,” jelasnya pada KIM Karya Makmur.
Semakin lama, lanjutnya, diabetes bisa menyebabkan komplikasi serius, seperti penyakit jantung, kebutaan, hingga gangguan ginjal. 
Hingga kini, belum tersedia obat untuk menyembuhkan diabetes secara total, tetapi pemberian insulin terapeutik dapat menolong pasien diabetes untuk menjaga kondisi kesehatannya tetap stabil. (Zbr/Hb).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.